G
N
I
D
A
O
L

Pembiasaan Sholat Duha Berjamaah

Di tengah kesibukan kegiatan pembelajaran, SDN Kanyoran 2 mengimplementasikan program pembiasaan Sholat Duha sebagai upaya untuk membentuk karakter keagamaan dan kedisiplinan di kalangan siswa. Program ini dirancang secara khusus untuk siswa kelas 1, 2, dan 3 pada pukul 7.15 WIB, sebelum jam pembelajaran dimulai, dan untuk siswa kelas 4, 5, dan 6 pada pukul 09.30 WIB, 15 menit sebelum istirahat. Pelaksanaan sholat Duha dilakukan di mushola yang tersedia di lingkungan SDN Kanyoran 2.

Mushola: Tempat Berkumpul untuk Spiritualitas
Mushola di SDN Kanyoran 2 bukan sekadar tempat ibadah, melainkan juga menjadi pusat kegiatan keagamaan bagi siswa. Dengan desain yang ramah anak dan penuh warna, mushola ini menciptakan atmosfer yang nyaman dan mendukung kesalehan. Para siswa diajak untuk meresapi suasana tenang dan penuh berkah sebelum memulai aktivitas pembelajaran atau istirahat.

Waktu Pelaksanaan yang Terencana
Pelaksanaan Sholat Duha di mushola dijadwalkan dengan cermat untuk memastikan keterlibatan maksimal siswa. Pukul 7.15 WIB menjadi waktu yang tepat untuk siswa kelas 1, 2, dan 3, sementara siswa kelas 4, 5, dan 6 melaksanakan sholat pada pukul 09.30 WIB, menjelang istirahat. Penyesuaian ini memperhitungkan ritme kegiatan harian dan memberikan kesempatan bagi seluruh siswa untuk berpartisipasi.

Peran Guru dan Pembimbing Rohani
Pelaksanaan sholat di mushola melibatkan peran guru dan pembimbing rohani. Mereka tidak hanya mengawasi pelaksanaan sholat, tetapi juga memberikan arahan dan bimbingan kepada siswa. Guru berperan sebagai panutan dalam melaksanakan ibadah, sedangkan pembimbing rohani memberikan semangat dan inspirasi keagamaan kepada siswa.

Manfaat Pelaksanaan Sholat Duha di Mushola
Penguatan Nilai Keagamaan: Melalui Sholat Duha di mushola, siswa diajak untuk memperkuat ikatan spiritual dengan Tuhan. Mereka belajar tentang pentingnya menjaga hubungan pribadi dengan Sang Pencipta.

Pembentukan Kedisiplinan: Kedisiplinan waktu menjadi nilai tambah dari program ini. Siswa belajar untuk mengatur waktu dengan baik, memprioritaskan ibadah, dan menciptakan rutinitas positif.

Peningkatan Fokus dan Kesejahteraan Emosional: Sholat Duha di mushola menciptakan momen ketenangan di tengah-tengah aktivitas sekolah. Ini dapat membantu meningkatkan fokus siswa dan memberikan kesejahteraan emosional.

 

Dukungan Orang Tua dan Partisipasi Masyarakat
Orang tua siswa mendukung penuh program Sholat Duha di mushola. Mereka menyadari nilai-nilai positif yang ditanamkan oleh kegiatan keagamaan ini. Dengan melibatkan orang tua dan masyarakat, SDN Kanyoran 2 berusaha menciptakan lingkungan pendidikan yang menyeluruh, tidak hanya untuk perkembangan akademis tetapi juga untuk pembentukan karakter yang kokoh dan berlandaskan nilai-nilai agama.

Pelaksanaan Sholat Duha di mushola menjadi bukti konkret komitmen SDN Kanyoran 2 dalam memberikan pendidikan holistik yang mencakup aspek spiritual dan moral. Program ini bukan hanya merubah harian siswa menjadi lebih bermakna, tetapi juga membentuk pondasi karakter yang kuat untuk masa depan mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *